Animated Fire

Tuesday 21 April 2015

Kecerdasan Pokok Kepala Sekolah



Lembaga pendidikan merupakan bentuk organisasi moral yang berbeda dengan bentuk organisasi lainnya, kesuksesan lembaga pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kepala sekolah, tetapi juga tenaga kependidikan lainnya dan proses lembaga pendidikan itu sendiri.
          Kepala sekolah adalah pemimpin pada satu lembaga satuan pendidikan, tanpa adanya kepala sekolah, proses pendidikan termasuk pembelajaran tidak akan berjalan efektif. Kepala sekolah adalah pemimpin yang proses keberadaannya dapat dipilih secara langsung, ditetapkan oleh yayasan atau diangkat oleh pemerintah. Menurut Mulyono, Kepala sekolah harus memiliki beberapa persyaratan untuk menciptakan sekolah yang mereka pimpin menjadi sekolah efektif, antara lain :
1. Memiliki kesehatan jasmani dan ruhani yang baik
2. Berpegang teguh pada tujuan yang akan dicapai
3. Bersemangat
4. Cakap di dalam memberi bimbingan
5. Jujur
6. Cerdas, dan
7. Cakap dalam hal mengajar dan menaruh perhatian, kepercayaan yang baik dan berusaha untuk mencapainya.
          Selain beberapa persyaratan tersebut, kepala sekolah juga harus memiliki tiga kecerdasan pokok, yaitu kecerdasan profesional, kecerdasan personal dan kecerdasan menejerial agar dapat bekerja sama dan mengerjakan sesuatu dengan orang lain.[1]
          Namun melihat realita yang ada di sekolah-sekolah nampaknya tidak sedikit kepala sekolah yang belum memenuhi kriteria tersebut di atas, hal ini dapat kita jumpai di sekolah-sekolah dimana guru sering meninggalkan kelas disaat KBM berlangsung, baik di dalam maupun di luar sekolah, fatalnya lagi ketika ada guru yang tidur disaat KBM dan dijumpai langsung oleh pengawas sekolah, kepala sekolah tidak mampu menjelaskan apa yang sebenarnya sudah menjadi kebiasaan anak buahnya. Dalam kasus seperti ini kepala sekolah lebih memilih menutupi kesalahan yang teah dilakukan anak buahnya demi untuk menjaga nama baik sekolah yang sedang dipimpinnya, ketimbang ingin menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan sekolahnya.
          Pendidikan yang bermutu berangkat dari tenaga pendidik yang tanggung jawab, disiplin dan profesional, sebagaimana dalam standar kompetensi guru yang dikembangkan oleh Kementerian  Agama Republik Indonesia, yaitu guru harus memiliki :
1. Kepribadian
2.Paedagogik
3. Sosial
4. Profesional
5. Kepemimpinan (Leadership)
          Demikianlah realita kepemimpinan pendidikan disebagian sekolah-sekolah di Indonesia, mutu pendidikan akan berjalan ditempat jika kepala sekolah tidak dapat memberikan bimbingan dan keteladanan terhadap guru yang dipimpinnya, begitu juga dengan guru yang tidak dapat menjadi teladan bagi peserta didiknya.



[1] Wahab. Abd. Kepemimpinan Pendidikan & Kecerdasan Spiritual (Jogjakarta : Arruz Media, 2011)115.

1 comment:

  1. Harrah's Lake Tahoe - MapYRO
    Hotel 서산 출장샵 and 여수 출장샵 Casino. 777 거제 출장안마 Harrah's Blvd Lake Tahoe, 안산 출장안마 Stateline, NV 89449. Phone: (702) 전라북도 출장마사지 320-5000. Toll Free: (877) 320-6000. Website: www.harrahs.com. Hours, Wi-Fi Available. Map, Hours.

    ReplyDelete