Animated Fire

Saturday 18 April 2015

MASJID AGUNG DEMAK



      Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini terletak di Desa Kauman Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini pernah menjadi tempat berkumpulnya para Ulama (Wali) dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Para wali tersebut dikenal dengan sebutan Walisongo, Pendiri masjid ini bernama Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak.
      Masjid ini mempunyai bangunan induk dan bangunan serambi, bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut Saka Guru. Salah satu tiang utama tersebut terbuat dari serpihan-serpihan kayu, sehingga disebut saka tatal. Atapnya berbentuk limas ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit. Atap limas masjid terdiri dari tiga bagian  yang menggambarkan: 1)Iman, 2) Islam dan 3) Ihsan. Adapun bangunan serambi merupakan bangunan terbuka.
      Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Selain itu juga terdapat Museum Masjid  Agung Demak yang berisi sebagai hal mengenai riwayat Masjid Agung Demak.[1]


[1] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014, Sejarah Peradaban Indonesia, 2014, hal 1-2.

No comments:

Post a Comment